Permintaan kain dan bahan baku tekstil yang kian meningkat merupakan imbas dari semakin maraknya tren fashion di Indonesia. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis, yaitu impor kain dan bahan baku tekstil, sebut saja seperti kain spandex. Hal mana yang pastinya mampu memberikan keuntungan yang banyak untuk Anda.

Terlebih, ada sekitar 70% bahan baku tekstil yang diimpor dari luar negeri agar bisa mencukupi kebutuhan industri pakaian domestik Indonesia. Seringnya, negara kita mengimpor kain dan bahan baku tekstil dari Tiongkok.

Nah, berikut ini merupakan macam-macam ide bisnis impor kain dan bahan baku tekstil yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memulai usaha yang menghasilkan banyak cuan ini. Simak baik-baik, ya!

Impor Kain Sutra

Kain sutra terbuat dari tenunan serat sutra protein alami yang dihasilkan oleh ulat sutra. Kain satu ini menjadi salah satu bahan pembuat pakaian terfavorut karena bahannya yang mampu menyerap panas dengan baik, bertekstur kuat, dan tidak mudah putus. 

Kain Serat Stapel

Bagi Anda yang kurang familiar dengan stapel, mari menyebutnya dengan nama kain wol. Serat stapel ialah sejenis serat pendek yang berbentuk stapel yang diambil dari rambut atau bulu hewan. Karakteristiknya yang kuat, elastis, serta tidak berkilau sangat cocok sebagai bahan baku pembuatan pakaian. 

Benang Filamen

Benang jenis ini adalah benang yang memiliki bagian permukaan menyerupai jaringan. Umumnya, filamen terbuat dari kepompong. Benang filamen mempunyai karakteristik yang sangat halus, elastis, dan daya serapnya yang tinggi. 

Alat Sulam

Tak hanya kain dan benang, Anda juga bisa mengimpor alat sulam untuk industri pakaian di Indonesia. Beberapa alat tenun yang sering diimpor antara lain bentang atau widangan, kapur jahit, unpicker dan masih banyak lagi. 

Benang Tenunan

Merupakan jenis benang yang khusus untuk menenun, persis seperti namanya. Jika Anda menggunakan benang ini, dijamin Anda akan menghasilkan kain tenun yang sangat bagus.

Benang Rajutan

Dari waktu ke waktu, penggunaan benang rajutan di Indonesia terus mengalami kenaikan. Benang ini bisa menjadi komoditi yang cocok sebagai ide bisnis impor kain dan bahan baku tekstil. Permintaan pasar yang tinggi, jelas akan mendatangkan keuntungan yang berlimpah untuk Anda. 

Benang Polyester

Benang jenis ini memiliki tekstur layak plastik. Polyester juga banyak diimpor sebab permintaan pasar yang cukup banyak. Benang ini biasanya dipakai dalam pembuatan fashion item seperti ikat pinggang, sepatu, dompet, dan sebagainya. 

Kain Katun

Anda jelas tidak asing lagi dengan jenis kain yang terbuat dari benang lungsi dan pakan. Kain ini masih menjadi favorit dalam keperluan membuat pakaian, Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. 

Kulit Sintetis

Karena harga kulit asli yang sangat mahal, kulit sintetis menjadi alternatif pilihan untuk membuat berbagai macam fashion item, mulai dari baju, tas, dompet, dan masih banyak lagi. 

Kain Spandex

Kain spandex turut menjadi jenis kain yang paling banyak dibutuhkan oleh industri pakaian di Indonesia. Biasanya, bahan spandex ini terbuat dari polimer sintetis seperti polyester maupun nilon. Kain ini banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaos karena sifatnya yang tidak panas.

Berbicara tentang peluang bisnis ini, apabila impor terlalu sulit, maka Anda bisa membeli secara grosir kain-kain tersebut zilingotrade.id kemudian dijual ulang atau diproduksi menjadi produk jadi yang siap jual.

Tinggalkan Komentar