Mengapa Banyak Orang Lebih Memilih Peralatan Dapur Berbahan Kayu?


Selain aluminium, ada banyak orang yang cenderung lebih suka menggunakan berbagai peralatan dapur yang berbahan kayu. Sebagian orang berpendapat bahwa bentuk dari peralatan dapur dari kayu dinilai lebih estetis.

Secara umum ada beragam alasan kenapa banyak orang yang mulai tertarik dengan peralatan dapur lengkap yang berbahan dasar kayu. Namun secara garis besar bisa dijabarkan bahwa ada lima alasan yang mendasari hal ini, berikut ulasannya. 

Tidak Merusak Peralatan Dapur Lainnya

Wajan anti lengket adalah alat penggorengan yang sangat nyaman dipakai untuk memasak. Akan tetapi kenyamanan akan berkurang ketika kita menggunakan spatula yang berbahan stainless.

Hal ini karena spatula yang berbahan stainless bisa menggores baja atau panci besi. Dengan demikian fungsi utama anti lengket menjadi hilang. Untuk itulah banyak yang lebih memilih penggunaan spatula kayu karena dinilai Lebih lembut dan tidak merusak peralatan memasak lainnya. 

Terhindar Dari Bakteri dan Kuman

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kayu mempunyai sifat antibacterial yang mana bisa membunuh kuman secara alami. Hal ini berbeda dengan peralatan dapur yang berbahan plastik atau logam.

Terdapat satu peralatan dapur yang kadang kita sering kebingungan dalam memilih antara berbahan plastik atau kayu. Peralatan tersebut adalah talenan. Talenan plastik karena tidak memiliki pori bisa menyisakan bekas dari potongan pisau. Sehingga sulit untuk dibersihkan.

Berbeda halnya dengan talenan kayu yang mana bisa menghentikan bakteri yang menempel di atas permukaannya. 

Lebih Ramah Lingkungan

Aksi yang bisa kita lakukan untuk melindungi lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sebisa mungkin. Selain itu juga tidak membuang sampah sembarangan. Pemilihan peralatan memasak yang berbahan kayu juga bisa menjadi salah satu upaya untuk melindungi lingkungan. Karena bahan alami ini bisa kita pakai untuk jangka waktu yang panjang. 

Tidak Mempengaruhi Rasa Ataupun Aroma Pada Makanan

Terkadang ketika kita menyiapkan suatu hidangan dengan bahan- bahan yang tajam seperti cuka ataupun saus, peralatan dapur berbahan stainless seperti sendok biasanya bereaksi dengan asam.

Dengan begitu terkadang rasa logam ikut terbawa pada makanan yang kita hidangkan. Di sisi lain peralatan dapur berbahan dasar kayu tidak memberikan efek semacam itu. Jadi kita tidak perlu khawatir. 

Kayu Adalah Benda Isolator

Isolator adalah jenis benda yang tidak bisa menghantarkan panas berbeda dengan besi yang mampu menghantarkan panas. Spatula ataupun sendok dan semacamnya yang terbuat dari logam bisa menghantarkan panas.

Sementara itu spatula berbahan dasar kayu tidak mampu menghantarkan panas meski dia berada di dalam panci panas dalam waktu yang lama. Kita tetap bisa memegang spatula tersebut tanpa merasakan panas.

Untuk mendapatkan berbagai jenis peralatan dapur lengkap berbahan dasar kayu lainnya, kalian bisa cek di website Grinn living sekarang juga. Tidak hanya lengkap, namun di Grinn living kalian juga bisa mendapatkan promo menarik lainnya.

Posting Komentar untuk "Mengapa Banyak Orang Lebih Memilih Peralatan Dapur Berbahan Kayu?"