Yuk Ketahui Apa Itu Kasir Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Memiliki pekerjaan sebagai seorang kasir tidak bisa dibilang mudah. Karena tugas kasir adalah mencakup banyak hal, tidak hanya memproses transaksi saja pada sebuah toko tapi lebih luas lagi. Kasir juga punya tanggung jawab untuk menghadapi para konsumen yang membeli barang di toko. Tidak heran pula, kasir harus punya kemampuan komunikasi yang baik dan memahami berbagai produk dengan cermat. 

Tugas Kasir di Sebuah Toko

Untuk lebih memahami berikut ini beberapa tugas dari profesi kasir.

Pengecekan Barang

Setelah memproses transaksi dan melakukan packing untuk semua produk yang dibeli pelanggan, selanjutnya tugas seorang kasir adalah melakukan pengecekan barang. Tugas ini harus dilakukan secara cermat agar tidak ada produk atau barang yang ketinggalan.

Pengecekan barang juga sangat baik untuk ketelitian dalam jumlah barang yang dibeli dan harga produk. Setelah itu kasir bisa memproses uang kembalian dengan penuh kehati-hatian agar tidak salah.

Catat Data Penjualan

Setelah memproses transaksi dan mengemas barang serta mengecek barang, tugas kasir selanjutnya adalah mencatat data penjualan. Kegiatan ini harus dilakukan secara teliti dan juga terperinci agar nantinya, membuat laporan penjualan jadi lebih mudah.

Seorang kasir harus teliti dalam mencatat angka, nama bahkan jumlah barang.

Membuat Laporan Penjualan

Masuk ke tugas selanjutnya yaitu membuat laporan data penjualan. Dimana pembuatan laporan ini tergantung kebutuhan. Ada atasan yang memang meminta pembuatan laporan penjualan secara harian dan ada juga yang bulanan, bahkan mingguan tergantung kebutuhan.

Membuat laporan penjualan ini tergantung dari pencatatan data penjualan. Jika data penjualan ada yang keliru, maka sudah pasti laporan penjualan akan salah.

Memberi Informasi Ke Pelanggan

Seorang kasir juga dituntut memiliki pengetahuan yang baik terhadap berbagai produk yang dijual. Dengan begitu ketika para pelanggan menanyakan informasi produk lewat kasir, pegawai bisa lebih mudah untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan dari customer.

Biasanya pertanyaan yang sering diajukan oleh pembeli adalah ketersediaan barang, jenis barang sampai tanggal kadaluarsa. Selain itu kasir juga harus memberitahukan kepada para pelanggan mengenai program promo dan juga diskon yang hadir di toko tersebut, jika ada.

Jika dilihat-lihat memang pengertian kasir tidak hanya sebatas membantu transaksi di sebuah toko saja, tapi lebih luas lagi. Namun di zaman sekarang dengan teknologi yang semakin canggih, pekerjaan kasir bisa diringankan lewat penggunaan aplikasi kasir.

Di mana proses transaksi lewat aplikasi lebih cepat sehingga tidak akan membuat antrian di toko semakin panjang. Anda bisa memilih aplikasi kasir terbaik salah satunya yaitu Moka POS. Di mana lewat aplikasi ini tidak hanya memudahkan proses transaksi tapi juga pembuatan laporan. Kasir tidak perlu membuat laporan secara manual karena tugas ini sudah dikerjakan oleh aplikasi Moka POS.

Posting Komentar untuk "Yuk Ketahui Apa Itu Kasir Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya"