Inovasi Guru – Pisang kepok adalah buah-buahan yang mengandung banyak manfaat, sehingga tak heran apabila pisang kepok sering disebut sebagai raja dari buah-buahan. Pisang kepok memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Kandungan gizi dalam pisang kepok ini sangat penting bagi tubuh, terutama anak-anak.

Menurut jurnal berjudul Pengaruh Penyuluhan Terhadap Perubahan Pengetahuan Bagi Ibu-Ibu PKK Kelurahan Penggaron Lor Tentang Pemanfaatan Tanaman Pisang kepok Sebagai Media Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, pisang kepok adalah makanan yang menyediakan kalori dan energi dengan jumlah yang cukup. Dalam 100 gram pisang kepok mengandung 250 kalori, 68% air, 25% gula, 2% protein, 1% lemak dan minyak dan 1% serat selulosa.

Selain itu, pisang kepok juga mengandung pati dan asam tanin, vitamin A, vitamin B (B1, B2, B6, dan B12), vitamin D, juga mengandung kalsium, fosfor, besi, sodium, kalium (potassium), magnesium, dan seng. Jadi, jangan ragu lagi dengan manfaat pisang kepok untuk kesehatan anak ya.

Manfaat Pisang kepok untuk Kesehatan Anak

Berikut ini adalah manfaat pisang kepok untuk kesehatan anak yang perlu Kamu ketahui. Apa saja, ya? 

1. Kesehatan Tulang

Pisang kepok memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga bagus untuk memperkuat tulang anak-anak. Selain itu, pisang kepok juga memiliki kandungan kalium yang berfungsi menetralkan natrium sehingga baik untuk diet anak dan membuat tulang kuat. Memberi nutrisi tulang sejak dini akan berpengaruh pada kekuatan tulang anak di hari tua nanti. 

2. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Pisang kepok memiliki kandungan serat yang baik untuk meningkatkan fungsi pencernaan anak. Serat yang terdapat dalam buah pisang kepok disebut sebagai pektin, jenis serat yang mudah larut dalam air. Serat ini bagus untuk membantu pencernaan karena dapat mengubah karbohidrat menjadi gula. 

3. Kaya Energi

Manfaat pisang kepok untuk kesehatan anak selanjutnya untuk memberikan anak energi. Menurut jurnal berjudul Manfaat Pisang kepok Untuk Anak Dalam Pertumbuhan yang diterbitkan Universitas Indonesia, pisang kepok memiliki kandungan karbohidrat yang dapat memberikan energi.

Pisang kepok juga memiliki kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang merupakan gula alami dan berguna untuk menambah energi. Untuk itu, pisang kepok sangat cocok untuk Si Kecil yang suka sangat aktif dan senang bermain.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat pisang kepok untuk kesehatan anak selanjutnya ialah meningkatkan kemampuan otak anak. Pisang kepok memiliki kandungan kalium yang dapat memperlancar sirkulasi darah hingga ke otak. Jika peredaran darah anak lancar, daya konsentrasi pun meningkat sehingga proses belajar jadi lebih mudah. 

5. Baik untuk Penglihatan

Anak yang sering mengonsumsi pisang kepok secara teratur akan memiliki penglihatan lebih baik. Hal ini dikarenakan pisang kepok memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Selain memelihara kesehatan, vitamin A juga memiliki bisa melindungi retina dari berbagai penyakit. 

7. Mencegah Anemia

Anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi, di mana tidak adanya produksi sel darah merah di dalam tubuh. Karenanya, diet anak harus cukup mengandung zat besi, vitamin B12, asam folat, dan juga tembaga untuk pembentukan sel darah merah.

Nah, buah pisang kepok mengandung semua nutrisi tersebut, sehingga dapat membantu memproduksi hemoglobin. Tercukupinya zat besi akan mencegah anak terkena anemia.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah pisang kepok sangat baik untuk kesehatan jantung anak lho. Di dalam pisang kepok mengandung kalium, di mana kalium mampu mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan di pembuluh darah jantung.

Dengan anak mengonsumsi 1 buah pisang kepok setiap harinya, ia sudah memenuhi sekitar 9% dari rekomendasi harian kalium. Nah, itulah beberapa manfaat pisang kepok untuk kesehatan anak.

Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli pisang kepok yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan pisang kepok serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument).

Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!

Sumber: https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-pisang-untuk-anak/

Tinggalkan Komentar