Bagi para kolektor jam, sudah tahukah kamu apa itu GMT pada jam tangan? GMT (Greenwich Mean Time) merupakan sebuah sistem standardisasi waktu internasional untuk mengetahui perbedaan waktu negara-negara di seluruh dunia berdasarkan dari letak geografisnya. Pada Konvensi Internasional di tahun 1884, para peserta menyepakati wilayah Greenwich di London, Inggris, sebagai ‘titik nol’ untuk membagi waktu dunia menjadi 2 zona waktu yang berbeda.

Hal tersebut karena Greenwich diyakini sebagai titik garis bujur 0 derajat bumi berada atau biasa disebut Prime Meridian/Greenwich Meridian. Ketika kamu berkunjung di Greenwich, London maka kamu akan menemukan sebuah observatorium bernama Royal Observatory dengan sebuah jam besar bernama Stepherd Gate Clock. Waktu yang ditunjukkan oleh jam besar itulah yang menjadi patokan waktu utama di seluruh dunia.

Bagi para pengoleksi jam tangan, pastinya sudah familiar dengan jam tangan yang menawarkan fitur atau complication GMT. Seperti namanya, jam tangan GMT merupakan jenis jam yang telah dilengkapi fitur yang bisa menampilkan 2 – 3 zona waktu yang berbeda secara bersamaan. Dengan fitur GMT tersebut, kamu jadi bisa melihat waktu di zona bagian barat maupun timur garis GMT hanya melalui satu jam tangan saja.

Awalnya, jam GMT greenwich mean time ini identik dengan dunia penerbangan dan profesi pilot karena fungsinya untuk menampilkan zona waktu di tempat yang berbeda. Brand pertama yang menciptakan jam tangan GMT adalah Rolex, melalui seri Rolex GMT-Master yang diluncurkan pada tahun 1950-an. Rolex menciptakan jam tangan itu khusus untuk maskapai penerbangan Amerika, Pan Am, yang diberikan pada semua pilotnya agar saat menerbangkan pesawat dari dan menuju negara yang berbeda zona waktu, pilot tetap bisa mengetahuinya secara bersamaan.

Ciri paling khas yang terlihat dari jam tangan GMT ialah mempunyai total 4 jarum jam, 3 jarum menunjukkan jam, menit, dan detik, serta 1 jarum tambahannya menunjukkan zona waktu di tempat yang berbeda. Ciri lainnya adalah memiliki indikator angka tambahan selain waktu jam 1 – 12 yang umumnya kamu temukan pada jam-jam konvensional.

Kamu akan bisa menemukan indikator waktu 24 jam yang biasanya terletak di bagian bezel maupun sub-dial tambahan. Nah yang membedakannya, indikator 12 jam pada dial utama berfungsi menunjukkan zona waktu di tempat kamu berada, sedangkan indikator 24 jam yang terletak di sub-dial berfungsi menunjukkan waktu di zona yang berbeda.

 

Tinggalkan Komentar