Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Blitar melalui Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Pendidikan, mengadakan pawai songsong Ramadhan, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan songsong Ramadhan tersebut diikuti oleh seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan PDM Kota Blitar, mulai dari KB, TK, hingga SMA dan SMK.

Pawai Ramadhan diberangkatkan dari Masjid At Taqwa Muhammadiyah, keliling Kelurahan Kepanjenlor, dan kembali lagi ke garis awal. Setelah sampai di finish, siswa-siswi ABA 4 itu berkumpul di perguruan untuk foto bersama sekaligus membuat video ucapan Marhaban Ya Ramadhan.

Tidak ingin hanya sekedar parade keliling, ABA 4 mengemas kegiatan ini dengan syiar Islam. Hal ini ditandai dengan adanya pamflet bertuliskan pesan dakwah dan pengingat datangnya Ramadhan yang dibawa oleh para siswa.

Meski harus berjalan kaki cukup jauh, para peserta nampak antusias mengikuti pawai songsong Ramadan tanpa mempedulikan peluh keringat yang menetes. Meski demikian, ABA 4 memilih untuk memotong rute agar siswa-siswinya tidak kelelahan.

“Rute untuk pawai songsong Ramadan kali ini cukup jauh bagi anak-anak, kami memutuskan untuk memotong jalur lebih dekat sehingga anak-anak tetap fit untuk belajar berpuasa hari Kamis nanti.” tutur Veronica Agustina, guru ABA 4.

Pasca acara, seorang guru bertanya pada Adzkiya yang merupakan salah satu siswi KB tentang pawai kali ini. “Bagaimana jalan-jalannya tadi, Adzkiya? Capek?”. Adzkiya menjawab, “tidak bu, aku semangat.”

Guru ABA 4 berharap, kegiatan semacam ini semoga bisa memupuk semangat siswa-siswi agar lebih semangat dalam menyambut bulan suci Ramadhan serta berproses belajar berpuasa dengan baik.

Liputan: Dzun Nuraini
Guru ABA 4 Kota Blitar

Tinggalkan Komentar