Ganja tentu saja sangat berbahaya karena merupakan salah satu jenis narkoba yang bisa membuat kecanduan penggunanya. Dimana efek mengkonsumsi ganja salah satunya adalah bisa membuat Anda mabuk. Efek ganja untuk kesehatan tubuh juga tidak main-main, apalagi jika dikonsumsi oleh para remaja. 

Efek Ganja Untuk Para Remaja

Menurut Pikiran Rakyat erikut ini beberapa efek negatif pada ganja jika dikonsumsi oleh para remaja apalagi usia sekolah.

Otak

Ganja sangat mempengaruhi fungsi otak di mana ketika terlalu banyak mengkonsumsi ganja bisa mengganggu kemampuan dalam berpikir. Padahal remaja di usia sekolah harusnya bisa berpikir lebih rasional dan waras untuk menerima pelajaran setiap hari.

Fungsi ganja yang terus-menerus terjadi bisa membuat Anda kehilangan memori, karena terhambatnya fungsi otak. Hal ini bisa dibuktikan karena ada perubahan struktur tertentu di otak yang diakibatkan penggunaan ganja dalam jangka waktu panjang.

Paru-paru

Konsumsi ganja juga berpengaruh pada paru-paru. Dimana kandungan tar pada ganja cukup tinggi hingga 3 kali lipat dari tar pada tembakau. Asap yang dihasilkan oleh pembakaran ganja punya kandungan zat untuk menyebabkan kanker dengan potensi lebih tinggi dari asap rokok biasa.

Kesehatan Mental

Ganja juga sangat buruk pengaruhnya pada kesehatan mental seseorang. Karena konsumsi ganja bisa membuat orang mengalami halusinasi, delusi hingga rasa cemas dan serangan. Remaja yang mengkonsumsi ganja tentu saja tidak bisa mencerna pelajaran dengan baik bahkan berkegiatan di sekolah secara normal.

Penggunaan ganja dalam jangka waktu panjang bisa membuat perubahan suasana hati dan mengurangi nafsu makan.

Sistem Imun

Ternyata ganja juga sangat berpotensi mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Dimana konsumsi ganja bisa membuat sistem kekebalan tubuh jadi melemah. Ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa pengguna ganja punya potensi resiko terkena penyakit yang melemahkan kekebalan tubuh salah satunya HIV/AIDS.

Dimana sistem imun tubuh yang sudah semakin lemah sehingga sulit untuk melawan infeksi.

Sistem Peredaran Darah

Sesudah konsumsi ganja beberapa saat biasanya detak jantung akan meningkat. Adapun efek konsumsi ganja ini bisa berlangsung sampai 3 jam dan bisa membahayakan bagi penderita apalagi yang punya penyakit jantung karena bisa menyebabkan resiko serangan jantung.

Konsumsi ganja juga bisa membuat tekanan darah naik sehingga mata menjadi merah karena pembuluh darah melebar.

Itu tadi beberapa dampak penggunaan ganja pada remaja yang tentu saja sangat berbahaya. Orang tua juga punya peran penting untuk menghindarkan anak remaja dari penggunaan narkoba dan zat adiktif lainnya. Dimana salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi bahaya soal narkoba mulai dari rumah.

Tinggalkan Komentar