Inovasi Guru – Bayangkan, apa jadinya seandainya kebutuhan kamu di masa depan semakin meningkat, biaya semakin mahal, namun penghasilan yang kamu miliki seperti jalan di tempat? Ini akan membuat kamu menjadi stress dan terjebak dalam kehidupan yang stagnan. Salah satu yang membuat penghasilanmu berkembang adalah dengan melakukan investasi. 

Memulai investasi tidak harus menunggu hari tua, semakin dini kamu melakukannya tentu akan semakin baik. Di Usia kamu yang masih produktif, alangkah baiknya kamu mulai melirik investasi daripada menghabiskan uang yang berujung membuatmu tidak memiliki apa-apa.

Banyak sekali jenis investasi yang bisa menjadi pilihan, dan dari sifat waktunya ada yang jangka pendek dan jangka panjang. Beberapa jenis investasi yang populer di Indonesia adalah deposito, emas atau logam mulia, properti, saham dan reksadana. Bagi kamu yang baru saja mengenal dan belajar mengenai investasi, reksadana bisa menjadi pilihan.

Reksadana adalah wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana. Secara sederhana, masyarakat melakukan patungan dan setelah dana terkumpul, nantinya akan dikelola sebagai bentuk investasi oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio efek. 

Modal yang tidak terlalu besar untuk melakukan investasi reksadana menjadi kelebihan jenis investasi ini dibandingkan investasi lainnya. Hal ini tentu saja menjawab ketakutan para pemula dimana masih banyak yang memiliki mindset bahwa untuk berinvestasi harus memiliki modal yang besar. 

Resiko reksadana dapat dikatakan rendah atau masih bisa diminimalisir, dengan keuntungan reksadana yang menarik. Sebelum kamu memutuskan untuk memilih investasi berupa reksadana, beberapa keuntungan reksadana yang harus kamu ketahui adalah: 

Modal kecil, untung maksimal

Dengan modal yang tidak terlalu besar, reksadana dapat dilakukan oleh berbagai kalangan. Kamu bisa memulai reksadana dengan modal Rp 100.000, loh! Modal awal yang tidak terlalu berat dan mudah, dibandingkan kamu jajan kopi kekinian dan makanannya. Lalu, dengan modal kecil apakah keuntungan yang didapatkan juga kecil? Tentu tidak. Dalam setahun, rata-rata investasi reksadana bisa memberikan keuntungan sampai 20%. 

Dapat dikelola dengan mudah

Apabila kamu masih awam didunia investasi dan tidak punya cukup banyak waktu untuk mempelajari reksadana, tidak perlu khawatir. Karena pengelolaan reksadana dilakukan oleh Manajer Investasi yang profesional dan sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Setiap hari atau setiap bulannya, Manajer Investasi akan membuatkan laporan secara transparan, sehingga kamu bisa melihat berapa besar keuntungan yang kamu dapatkan. Kamu tidak perlu khawatir mengenai pembayaran untuk Manajer Investasi. Pembayaran Manajer Investasi akan dibagi rata oleh semua investor yang dananya ia kelola, karena sifat investasi reksadana merupakan kumpulan dari banyak investor. 

Resiko rendah

Reksadana memiliki resiko rendah dalam berinvestasi. Dana investor pada reksadana tidak berfokus pada satu instrumen, namun disebar ke berbagai instrumen. Sehingga apabila terjadi kerugian, nilainya tidak turun secara bersamaan. 

Keamanan terjaga

Dana yang dikelola oleh Manajer Investasi akan tersimpan di rekening bank khusus yang biasa disebut dengan bank kustodian. Jadi tidak akan ada drama dana yang kamu investasikan dibawa kabur oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Berbasis online

Teknologi yang semakin berkembang dan canggih, memudahkan kamu untuk melakukan transaksi dan melakukan pengecekan data secara online melalui laptop atau smartphone.

Itulah beberapa keuntungan reksadana yang bisa kamu dapatkan sebagai investasi. Saat ini, kebanyakan investasi dilakukan secara online. Banyak sekali pilihan aplikasi investasi dan salah satunya adalah digibank reksadana. Aplikasi digibank reksadana sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Sebagai pemula, kamu dapat memulai dengan modal mulai dari Rp 100.000. 

Selain itu, kamu dapat mendaftar SID, beli, jual dan switch hanya dalam satu aplikasi. Pembelian pun dapat dilakukan secara berkala dan flexible. Tingkatkan level investasi selain reksadana, seperti obligasi pasar perdana dan sekunder hingga rekening dan deposito valas hanya dalam satu aplikasi. Untuk pilihan kategori reksadana berkinerja dengan baik, terpopuler dan scoring terbaik. Tidak perlu khawatir dengan keamanannya, karena dilakukan 100% digital di bank teraman Asia, yaitu Bank DBS.

 

Link references 

  • https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana 
  • https://www.dbs.com/spark/index/id_id/site/pillars/2018-5-keuntungan-investasi-reksadana-yang-wajib-kamu-ketahui.html 
  • https://lifepal.co.id/media/investasi-reksa-dana-rp-1-juta-dapat-untung-berapa-ya/

Tinggalkan Komentar