Di era teknologi yang semakin maju, media promosi untuk bisnis semakin beraneka ragam. Ditambah dengan maraknya media sosial, yang hampir semua orang memiliki setidaknya satu akun. Ada dua teknik pemasaran yang populer digunakan saat ini, yaitu internet marketing dan digital marketing.

Meski begitu, masih banyak orang yang beranggapan dua teknik tersebut adalah hal yang sama. Padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan yang harus diketahui.

Sebelum membahas apa saja perbedaannya, berikut ulasan mengenai definisi masing-masing dari internet marketing dan digital marketing yang dilansir dari https://ritaelfianis.id/. Yuk langsung disimak!

Definisi Internet Marketing

Internet marketing secara singkatnya bisa diartikan sebagai seluruh kegiatan pemasaran yang dilakukan di dalam internet. Unsur paling penting dalam kegiatan pemasaran ini tentunya adalah internet.

Contoh internet marketing diantaranya seperti pembuatan konten di media sosial (Instagram, Facebook, TikTok), penulisan artikel di website dan semua jenis platform yang terhubung dengan internet. E-commerce dan marketplace pun termasuk dalam kegiatan internet marketing.

Definisi Digital Marketing

Definisi dari digital marketing sendiri adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan dalam bentuk digital. Jika pengertian ini diperjelas, maka digital marketing tidak harus dilakukan secara online, melainkan bisa diterapkan dalam bentuk digital saja.

Berdasarkan dua definisi yang sudah disebutkan, disimpulkan bahwa internet marketing termasuk dalam bagian digital marketing, namun tidak sebaliknya.

Contoh penerapan digital marketing antara lain pemasangan iklan di billboard elektronik, e-pamflet hingga iklan di media televisi. Pemasaran melalui media sosial maupun website juga termasuk dalam kegiatan digital marketing.

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Setelah mengetahui kedua definisi dari internet marketing dan digital marketing, kali ini kita akan membahas beberapa poin perbedaan dari keduanya yang perlu diketahui. Berikut uraiannya.

Konektivitas

Perbedaan pertama dilihat dari segi konektivitasnya. Seperti yang kita tahu, internet marketing butuh koneksi internet untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Sementara itu digital marketing justru sebaliknya. Sebab, kegiatan pemasaran secara digital tidak harus menggunakan koneksi internet.

Target Pasar

Internet marketing memiliki jangkauan target pasar yang lebih sempit dibandingkan dengan digital marketing.

Ini karena internet marketing hanya tertuju kepada pelanggan atau calon pelanggan yang terhubung secara online. Lain halnya digital marketing yang bisa menjangkau target pasarnya secara online maupun offline.

Media Pemasaran

Variasi media pemasaran internet marketing lebih terbatas dibandingkan digital marketing.

Kegiatan pemasaran digital marketing bisa memanfaatkan segala jenis platform secara online dan media yang hanya tersedia secara offline, namun masih dalam bentuk digital.

Nah, itulah ulasan mengenai definisi dan perbedaan dari internet marketing dan digital marketing. Jika ingin tahu sumber bacaan tentang internet marketing dan bisnis, langsung saja kunjungi situs Ritaelfianis.id untuk mendapatkan informasi dan wawasan lebih banyak. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar