Narkoba merupakan sebuah zat atau obat yang punya sifat alami, sintetis dan juga berbahaya jika disalahgunakan karena punya berbagai efek. Mulai dari efek penurunan kesadaran, daya rangsang, halusinasi sampai dampak negatif dan resiko tidak hanya untuk kehidupan tapi juga kesehatan bagi.

Ketika kecanduan narkoba, maka otak mengalami penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Meskipun narkoba dilarang di Indonesia namun masih banyak orang yang tidak paham bahwa kandungan dalam narkoba ini sangat berbahaya bagi kondisi fisik dan juga mental.

Apa Itu Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya atau disebut juga dengan istilah NAPZA. Narkoba juga disebut sebagai zat yang menyebabkan efek kecanduan bagi para pengguna. Dimana jika obat-obatan ini dikonsumsi akan menimbulkan berbagai efek yang berbahaya. 

Jenis-Jenis Narkoba Yang Peredarannya Cukup Populer

Sampai saat ini banyak sekali korban penyalahgunaan terhadap narkoba yang mempengaruhi fisik dan juga mental. Alasannya karena memang zat adiktif di dalam narkoba tersebut membuat seseorang kecanduan apalagi ketika dosis yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kematian. Menurut Pikiran Rakyat berikut beberapa jenis narkoba yang populer di masyarakat.

Morfin

Merupakan sebuah zat yang dapat menghilangkan rasa sakit di mana jenis narkoba ini ditemukan pada tanaman opium yang punya sifat analgesik kuat. Opium menjadi salah satu bahan mentah narkoba yang membuat efek samping ketergantungan.

Efek tersebut jika disalahgunakan akan membuat penggunanya kebingungan, berkeringat, kesadaran menurun, pingsan, euforia, gelisah, perubahan suasana hati, jantung berdebar dan masih banyak lagi.

Heroin

Disebut juga dengan putau, di mana merupakan sejenis opioid alkaloid yang berasal dari pengolahan morfin secara kimiawi. Bentuknya adalah kristal putih dan bisa menyebabkan kecanduan.

Efek samping dari penggunaan heroin adalah tekanan darah yang menurun, denyut nadi yang melambat, lemah otot, pupil mengecil, hilang kepercayaan diri, sulit buang air besar, gangguan bicara sampai rasa gatal dan masih banyak lagi.

Ganja

Berikutnya ada ganja, merupakan jenis tanaman yang memiliki 100 bahan kimia berbeda di dalamnya salah satunya adalah zat kimia Delta-9-THC atau tetrahidrocanabinol dan CBD yang banyak digunakan untuk pengobatan.

Efek samping dari ganja jika disalahgunakan adalah bisa membuat mabuk. Penyalahgunaan ganja secara terus-menerus bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan juga psikis terutama paru-paru karena asap dari ganja punya kandungan karsinogen.

Selain ganja ada juga kokain yang bisa mengakibatkan dopamin pada otak meningkat, LSD yang merupakan narkotika sintetis dari sari jamur kering yang tumbuh pada gandum hitam. Ada juga jenis narkoba opium dan sabu-sabu.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu narkoba hingga jenis-jenis narkoba yang cukup populer di Indonesia. Anda sebagai seseorang yang normal dan waras sudah sepantasnya tidak tergiur dengan penggunaan narkoba yang berbahaya, tidak hanya untuk fisik tapi juga mental.

Tinggalkan Komentar