Ketika punya mobil baru, biasanya pernah terlintas untuk memasang kaca film mobil. Kaca khusus ini memang bisa memberikan rasa nyaman, khususnya penumpang mobil yang duduk di bagian belakang. Selain agar tak terkena cahaya matahari langsung, kaca ini juga bisa menjaga privasi penumpang.

Pemakaian kaca film juga baik untuk kesehatan, sebab bisa melindungi penumpang dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit. Dengan fungsinya tersebut, sayang jika mobil yang baru dibeli tidak sekaligus di pasang kaca film mobil.

Cara Memilih Kaca Film Mobil yang Benar

1.  Menentukan Seberap Gelap Kacanya

Memilih kaca film mobil sebaiknya dengan daya gelap sedang, misalnya 40% saja. Kaca film yang terlalu gelap malah akan membuat pengemudi kesulitan melihat ke depan. Agar aman berkendara, gunakan kaca film yang tidak terlalu gelap.

Untuk bagian penumpang, bisa menggunakan kaca yang lebih gelap. Tapi pastikan agar tetap sesuai aturan yang ditetapkan, sehingga tak menganggu proses mengemudi. Bandingkan seberapa gelap kaca film mobil antara satu dengan yang lain agar dapat yang terbaik.

2.  Pilih Kaca Film UV 400

Merawat mobil baru dengan kaca film bisa diawali dengan memilih kaca film spesifikasi UV 400. Spesifikasi tersebut dinilai tepat karena bisa melindungi kesehatan kulit dari sinar matahari, khususnya ultra violet yang bisa memberikan dampak buruk bagi kulit.

Berdasar penelitian, kaca film mobil UV 400 dinilai bisa menghalau sinar matahari lebih baik dari tipe yang lain. Tingkat keefektifan dari kaca film ini bahkan bisa mencapai 99 persen untuk menghalau cahaya matahari. Secara tak langsung, kaca film ini akan mmberikan keteduhan di dalam kabin penumpang.

3.  Pilih yang Menyediakan Garansi

Akan lebih baik jika menggunakan kaca film mobil merk ternama untuk menikmati garansi yang diberikan. Layanan purna jual tambahan juga bisa dipertimbangkan, sebab akan memberikan keuntungan bagi pemilik mobil setelah tak memakai kaca film tersebut.

Dengan memilih kaca film untuk mobil baru yang tepat, masa pemakaiannya juga lebih panjang. Masalah pemakaian seperti kaca film yang mengelupas, retak atau berubah warna tentu akan diganti oleh pihak produsen atau distributor sesuai ketentuan garansi.

4.  Pertimbangkan Budget

Selain mempertimbangkan jenis produk, pertimbangkan pula budget untuk pembelian kaca film tersebut. Beberapa orang tidak mengetahui cara pasang kaca film mobil denga benar, jadi harus menggunakan jasa pemasangan.

Jasa pemasangan ini tentunya juga membutuhkan budget tambahan. Pastikan dana yang dimiliki mencukupi untuk membeli dan memasang kaca film tersebut. Jika melakukan pembelian di bengkel, biasanya proses pemasangan jadi lebih terjangkau.

Merawat mobil yang baru di beli memang tak hanya melakukan servis atau merawat mesin saja. Penambahan aksesoris baik interior atau eksterior yang tepat juga akan membuat mobi jadi lebih nyaman dikendarai.

Tinggalkan Komentar