Ingin melanjutkan pendidikan di Jepang? Tetapi, bingung karena terhalang biaya? Tidak perlu khawatir lagi, karena Kementerian Pendidikan Jepang telah menyelenggarakan program beasiswa MEXT atau Monbukagakusho untuk para calon mahasiswa internasional.

Jenjang untuk beasiswa ini beragam, mulai dari diploma hingga doktoral. Monbukagakusho mempunyai dua jalur pendaftaran, yakni U-to-U atau jalur university recommendation dan G-to-G atau embassy recommendation.

Jika kamu ingin mendaftarkan diri melalui jalur U-to-U, kamu hanya perlu melakukan persiapan dokumen saja. Selain itu, agar peluang kamu lolos beasiswa tersebut tinggi, sebaiknya kamu mendaftar ke beberapa universitas besar seperti University of Tokyo, Kyoto University, dan Osaka University.

Sementara jalur G-to-G, kamu perlu mengikuti seleksi di kedutaan besar Jepang di Indonesia. Beberapa tahapan yang harus kamu lalui seperti seleksi administrasi, tes bahasa Inggris, tes bahasa Jepang, dan juga tes interview.

Setelah memutuskan jalur apa yang kamu pilih, segera persiapkan dengan sungguh-sungguh. Paling tidak, kamu sudah menyiapkan sejak awal semester atau saat di semester 6 untuk berjuang mendapatkan beasiswa luar negeri ini. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk langsung disimak!

Mencari informasi beasiswa

Mencari informasi menjadi suatu hal yang penting, karena bisa menjadi pedoman untuk mencapai tujuanmu, termasuk dalam beasiswa ini. Maka, mulailah dengan bergabung ke grup-grup pejuang beasiswa, khususnya Monbukagakusho Jepang, sehingga kamu tidak ketinggalan informasi terbaru.

Kamu juga bisa mulai mencari program studi yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantarnya, kecuali jika kamu telah menguasai Bahasa Jepang. Selain itu, seringlah bertanya atau berdiskusi dengan dosen dan penerima beasiswa ke Jepang yang lain.

Kemampuan berbahasa

Apabila kamu berkeinginan mendaftar di kelas internasional, yang berarti bahasa pengantarnya adalah Bahasa Inggris, maka kamu harus menyiapkan kemampuan bahasa Inggris. Baik itu dalam bentuk skill ataupun sertifikat bahasa.

Skill berbahasa Inggris ini akan bermanfaat ketika kamu menghadapi interview dan mengikuti pembelajaran di kelas nantinya. Sedangkan sertifikat bahasa bisa kamu jadikan sebagai kelengkapan syarat administratif. Beberapa macam sertifikat bahasa Inggris yang umum seperti IELTS. Setidaknya, nilai minimum IELTS kamu yaitu 6.5. Tapi tenang, bagi yang melum mencapai bisa ikut bimbingan di Schoters, kunjungi laman https://www.schoters.com/id/search/courses?subCategoryIds%5B%5D=119 untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Publikasi ilmiah

Jepang merupakan negara yang memberikan perhatian besar terhadap penelitian dan publikasi ilmiah. Untuk menambah potensi kamu diterima, kamu harus memiliki penelitian dan publikasi ilmiah yang berhubungan dengan bidang dan konsentrasi keilmuan yang kamu ambil.

Karena, nantinya pada aplikasi pendaftaran beasiswa Monbukagakusho ada isian tentang publikasi ilmiah apa yangkamu miliki. Selain publikasi ilmiah, kamu juga perlu melampirkan CV yang memuat semua informasi tentang kamu, serta menyiapkan proposal penelitian yang topiknya sesuai dengan dosen atau profesor pembimbing kamu di Jepang, agar peluang kamu diterima juga semakin besar.

Agar persiapan-persiapan tersebut semakin matang, kamu bisa mengambil kelas bimbingan Schoters di https://www.schoters.com/id/search/courses?categoryIds%5B%5D=100. Banyak kelas yang bisa kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu perlukan untuk memperoleh beasiswa.

Tak perlu khawatir, karena bimbingan persiapan beasiswa di Schoters sudah all in alias lengkap. Sehingga kamu akan mendapatkan banyak ilmu serta kemampuan baru yang semakin mendekatkan kamu dengan impian beasiswa. Yuk segera join bimbingan beasiswa di Schoters!

Tinggalkan Komentar