Bagi para pecandu narkoba, melakukan rehabilitasi adalah jalan terbaik untuk bisa lepas dari jerat barang haram tersebut. Adapun rehabilitasi adalah sebuah tindakan penyelamatan untuk seseorang yang sudah kecanduan terhadap zat adiktif.

Tujuan utamanya adalah menjadi upaya untuk membuat seseorang kembali produktif saat menjalani kehidupan sehari-hari, terutama di masyarakat. Adapun tujuan rehabilitasi bisa dibagi menjadi tujuan jangka pendek dan juga jangka panjang. Tujuan jangka pendek adalah untuk mengembalikan keadaan pecandu menjadi normal, sementara untuk jangka panjang membuatnya bisa beraktivitas tanpa alat pembantu kesehatan.

Tujuan Rehabilitasi Di Masa Depan

Sementara jika ada pertanyaan apa saja tujuan rehabilitasi bagi pecandu narkoba di masa depan, tentu saja ada beberapa tujuannya.

Meningkatkan Kesehatan

Menurut Tribunnews, salah satu tujuan rehabilitasi narkoba di masa depan adalah untuk meningkatkan kesehatan dari korban penyalahgunaan narkoba tersebut. Diketahui pecandu narkoba rawan terserang penyakit berbahaya seperti paru-paru, liver bahkan ginjal hingga penularan HIV atau AIDS. Jadi menghindarkan seorang pecandu dari narkoba adalah langkah untuk pencegahan terkena penyakit berbahaya.

Hidup Bersih Dan Sadar

Selanjutnya, penting bagi seseorang melakukan rehabilitasi untuk bebas dari ketergantungan. Setelah sudah bebas dari narkoba, maka seseorang bisa hidup lebih bersih tanpa konsumsi obat-obatan terlarang.

Anda sebagai mantan pecandu juga hidup lebih sadar dengan tidak memakai narkoba yang berbahaya, tidak melakukan tindakan kejahatan hingga tidak berhubungan seks bebas. Dan juga tidak melakukan hal-hal buruk lainnya yang merugikan diri sendiri dan orang-orang sekitar.

Pemulihan Jangka Panjang

Rehabilitasi juga dapat membantu orang yang tadinya pecandu bisa melakukan pemulihan jangka panjang. Karena proses rehabilitasi dapat mengontrol pasien ketergantungan secara berkala selama 12 bulan. Dimulai dengan tahap primary, lalu dilanjutkan dengan tahap re-entry hingga after care. Sampai akhirnya mantan pecandu bisa kembali ke keluarga dan masyarakat seperti sedia kala. 

Kecanduan narkoba tentu saja merupakan salah satu tindakan yang jahat bukan ke orang lain tapi ke diri sendiri yang dampaknya bisa merugikan orang lain pula. Seseorang yang memiliki kecanduan terhadap narkoba masih terus punya kesempatan untuk bisa pulih total. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan rehabilitasi dan wajib memilih pusat rehabilitasi narkoba yang tepat. Di mana pusat rehabilitasi yang tepat ini, punya program-program rehabilitasi yang bagus untuk membantu Anda pada proses rehabilitasi sampai pulih tuntas.

Tinggalkan Komentar