Setelah lulus SMA/SMK sederajat, pastinya banyak siswa-siswi yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, juga banyak yang memilih tidak meneruskan karena tidak memiliki biaya.

Tidak perlu khawatir lagi, sebab sudah tersedia banyak program beasiswa sebagai solusi meringankan biaya untuk tetap bisa belajar hingga jenjang kuliah. Salah satunya adalah beasiswa kuliah dari pemerintah.

Pemerintah Indonesia mempunyai berbagai program beasiswa guna mencerdaskan anak bangsa, baik beasiswa prestasi seperti beasiswa LPDP Tahap 2, afirmasi maupun disabilitas. Berikut ini beberapa beasiswa pemerintah untuk jenjang S1/D4/D3 sampai S2 yang bisa kita coba. Simak ulasannya sampai tuntas, ya!

KIP-Kuliah

Beasiswa pertama adalah KIP-Kuliah atau KIP-K, yakni program bantuan dana dari pemerintah untuk mahasiswa S1 yang berprestasi, namun memiliki keterbatasan ekonomi. KIP-K berlaku bagi PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Persyaratannya adalah prodi yang dipilih sudah terakreditasi A atau B.

KIP-K tidak membatasi jalur masuk untuk mendapatkan beasiswa tersebut, sehingga kamu bisa memperolehnya dari jalur SNMPTN, SBMPTN atau Mandiri. Tidak hanya mendapatkan bantuan UKT, penerima KIP-K juga akan mendapatkan uang saku sebesar 700 ribu rupiah. Apabila belum lolos pendaftaran di semester 1, kamu bisa mencoba daftar lagi saat semester 3, 5, atau 7.

Beasiswa Unggulan

Penyelenggaraan beasiswa dari Kemendikbud ini awalnya berlaku untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun, pada tahun 2021 terdapat perubahan kebijakan, di mana Beasiswa Unggulan hanya untuk yang ingin kuliah dalam negeri saja.

Beasiswa ini mempunyai empat jenis, di antaranya beasiswa masyarakat berprestasi, pegawai Kemendikbud, penyandang disabilitas dan beasiswa penghargaan. Beasiswa masyarakat berprestasi berlaku kepada orang yang memiliki prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Beasiswa pegawai Kemendikbud diperuntukkan untuk para PNS. Sementara, beasiswa disabilitas jelas targetnya adalah penyandang disabilitas, baik fisik, intelektual, sensorik maupun mental. Terakhir, ada beasiswa penghargaan yang berlaku bagi anak kandung abdi negara yang gugur dalam tugas mereka.

Beasiswa LPDP

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah lembaga yang membuka program beasiswa kepada putra-putri bangsa yang berprestasi dalam bidang akademik serta memiliki keterampilan lain, seperti kepemimpinan dan bertekad kuat dalam membangun Indonesia.

Beasiswa LPDP diperuntukkan khusus bagi yang ingin melanjutkan program S2 dan S3 di luar negeri. Mahasiswa akan dibiayai penuh oleh Pemerintah Indonesia melalui LPDP yang meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, biaya visa, biaya tunjangan keluarga dan biaya lainnya selama menempuh pendidikan di luar negeri.

Saat ini, beasiswa pemerintah Indonesia LPDP ini sedang membuka pendaftaran tahap 2 di tahun 2022, lho. Agar persiapannya lebih matang, kamu bisa melihat di https://blog.schoters.com/cek-deadline-beasiswa-lpdp-2021-tahap-2/.

Kamu juga bisa join grup #BestieSquad dari Schoters. Kamu akan memiliki networking yang luas dan mendapatkan berbagai kelas gratis untuk persiapan beasiswa LPDP secara gratis. Informasi selengkapnya tentang pendaftaran LPDP tahap 2 atau informasi beasiswa lainnya, bisa kamu cek di blog.schoters.com. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar