Berdasarkan Permendikbud Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana, terdapat istilah baru untuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2023 nanti.

Tertulis pada Pasal 4 bahwa penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui tiga skema, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Secara Mandiri oleh PTN.

Bagi yang sekarang ini duduk di bangku akhir SMA/SMK sederajat, wajib mengetahui bagaimana kriteria, persyaratan dan ketentuan dari SNBP 2023 ini. Hal ini dilakukan agar kamu bisa meningkatkan peluang untuk lolos dan masuk Kampus di Medan yang selama ini menjadi impian. Berikut uraian lengkapnya.

Kriteria Penilaian SNBP 2023

Untuk SNBP 2023 ini, bobot penelitiannya terdiri dari dua aspek, yakni minimal 50% nilai rata-rata raport keseluruhan dan maksimal 50% nilai mata pelajaran penggali minat dan bakat.

Beda halnya dengan SNMPTN sebelumnya yang hanya berfokus pada nilai mata pelajaran tertentu, SNBP 2023 mempertimbangkan nilai dari seluruh mata pelajaran. PTN juga berhak untuk menambahkan kriteria lain untuk menjaring calon mahasiswa terbaik.

Persyaratan Peserta SNBP 2023

Adapun persyaratan bagi peserta SNBP 2023 ialah sebagai berikut:

  • Punya prestasi akademik.
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  • Memimiliki nilai raport semester 1 – 5 yang telah diisikan di PDSS.
  • Peserta yang memilih program studi di bidang olahraga dan seni wajib mengunggah portofolio.

Ketentuan Memilih Program Studi SNBP 2023

Setelah mengetahui apa saja persyaratan SNBP 2023, berikut ini adalah ketentuan dalam memilih program studi SNBP 2023. Di antaranya:

  • Setiap siswa boleh memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.
  • Apabila memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK sederajat asalnya. Bila hanya memilih satu program studi, bisa memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  • Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS maupun Bahasa bebas memilih program studi sesuai keinginannya. Tidak terbatas pada rumpun ilmu yang dipelajari di sekolah.

Poin keempat ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena peserta SNMPTN atau SNBP 2023 ini diperbolehkan untuk lintas minat jurusan. Itulah uraian mengenai kriteria, persyaratan dan ketentuan memilih program studi SNBP 2023. Pendaftaran SNBP 2023 akan dimulai pada tanggal 14 – 28 Februari 2023.

Bagi yang masih bingung menentukan tujuan kampusnya, kamu bisa memilih Kampus di Sumut terbaik Universitas Medan Area. UMA memiliki 5 program studi dengan peringkat akreditasi A dari BAN-PT. Keunggulan lainnya bisa kamu lihat melalui laman uma.ac.id.

Tinggalkan Komentar