Hai Sobat, pernahkah Anda mengalami kesemutan? Sering kali kita tidak tahu kesemutan yang menyerang itu karena kerusakan saraf atau hanya sesaat karena terlalu lama berada di posisi yang menyebabkan aliran darah tersumbat?

Ini sangat penting diketahui sebagai bentuk pencegahan dini tentang gangguan saraf yang tanpa sadar dialami seseorang. Nah untuk itu yuk kenali gangguan saraf yang disebut neuropati.  

Ketahui Lebih Jelas tentang Neuropati

Sobat, pernahkah mendengar istilah neuropati? Istilah neuropati digunakan untuk gejala gangguan pada saraf tepi di tubuh. Gejala neuropati yang dialami setiap bisa berbeda-beda, tergantung jenis, jumlah, dan area saraf yang terganggu. 

Namun secara umum, gejala yang ditimbulkan berupa nyeri, kesemutan, kram, hingga terasa seperti terbakar. Sakit yang dirasakan bisa sepanjang waktu, atau bisa juga rasa sakit yang muncul datang dan pergi. Rasa nyeri neuropati biasanya akan lebih buruk ketika menjelang istirahat pada malam hari.

Penyebab Kerusakan Saraf Neuropati

Orang yang mengalami gangguan pada saraf tepi bisa dipicu beberapa hal. Penyebab terjadinya neuropati mulai dari diabetes, kemoterapi, penyakit autoimun, infeksi, ataupun defisiensi vitamin. Penderita diabetes yang mengalami gangguan neuropati mengalami sensasi terbakar yang menyakitkan di area tangan dan kaki.

Gaya Hidup Sehat Untuk Mencegah Gangguan Saraf

Sobat, perilaku hidup sehat bisa mengurangi resiko neuropati. Berikut ini beberapa tips yang bisa sobat terapkan untuk kesehatan saraf Anda. 

  • Kontrol diabetes bagi Anda yang menderita diabetes. Anda bisa menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran yang direkomendasikan dokter. Penderita diabetes penting memeriksa kondisi kaki setiap hari. Lindungi kaki dari panas dan dingin supaya  tidak terjadi luka, kering, atau pecah-pecah.
  • Berhenti merokok karena rokok dapat menyebabkan pembuluh darah yang memasok nutrisi menuju saraf menjadi sempit. Anda juga harus menghindari mengonsumsi alkohol karena dapat memperparah kerusakan saraf.
  • Senantiasa mempertahankan gaya hidup sehat. Mengonsumsi makanan yang bergizi sangat berpengaruh baik terhadap kesehatan tubuh. Makanan yang kaya kandungan vitamin B kombinasi B1, B6, dan B12 sangat baik bagi kesehatan saraf. Anda juga disarankan menjaga berat badan ideal dengan olahraga rutin.
  • Konsultasi dengan  dokter ketika sedang mengonsumsi obat. Anda bisa bertanya obat apa saja yang bisa memperburuk neuropati.

Demikian penjelasan singkat tentang gangguan pada saraf tepi yang tanpa disadari menyerang beberapa orang. Ayo sobat mulai peduli dan sayangi tubuh Anda. Lengkapi kebutuhan vitamin B kompleks dengan mengonsumsi suplemen dari Neurobion. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar