Suatu web memerlukan domain serta hosting supaya dapat online. Keduanya silih memenuhi satu sama lain supaya suatu web bisa dibuka serta dilihat lewat browser. 

Hosting merupakan suatu layanan yang digunakan oleh orang, industri ataupun organisasi yang berperan buat menaruh seluruh informasi suatu web supaya nantinya web tersebut bisa diakses dengan memakai internet. 

Kala Kamu memakai internet buat mendatangi suatu web website, perihal awal yang Kamu jalani di browser merupakan mengetikkan nama domain ataupun kata kunci tertentu yang mau Kamu cari di kolom pencarian. 

Sehabis itu, pc hendak tersambung pada server serta taman website hendak dikirim serta ditampilkan melalui browser semacam salah satu taman yang lagi Kamu baca saat ini. Buat itu, bila Kamu mau mempunyai web, domain serta hosting merupakan perihal berarti awal yang wajib Kamu miliki. 

Ayo ikuti postingan ini hingga akhir, supaya Kamu lebih memahami istilah- istilah yang kerap digunakan dalam web hosting

Catatan Istilah Deskripsi 

Berikut adalah daftar istilah dalam web hosting yang wajib pemula ketahui.

Hosting

Hosting ataupun website hosting merupakan tempat yang digunakan buat menaruh basis informasi web. Informasi tersebut mencakup, dokumen, video, audio, foto, serta file yang lain yang bisa diakses via internet. 

Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting dimana dalam satu hosting ada sebagian akun hosting dalam satu server. Umumnya shared hosting biayanya lebih murah. Tetapi, performa serta privasinya tidak sebaik dedicated hosting. 

WordPress Hosting 

Hosting WordPress merupakan wujud hosting website yang dimaksimalkan buat melaksanakan web WordPress. Dengan memakai host WordPress, Kamu hendak menerima banyak perlengkapan serta layanan yang dirancang spesial buat web WordPress. 

Virtual Private Server (VPS) 

VPS merupakan layanan server bertabiat individu/ private dimana segala sumber energi servernya spesial buat satu pengguna saja. VPS bisa diibaratkan semacam menyewa rumah sendiri serta tidak terdapat penyewa lain di dalamnya sehingga Kamu leluasa mengelolanya. 

Bandwidth 

Dalam bidang web, bandwidth merupakan besarnya volume informasi yang bisa diakses pada web tiap bulannya. Umumnya owner web diberikan Bandwidth dalam hitungan Gigabyte( GB). Tetapi, terdapat pula penyedia website hosting yang menawarkan layanan unlimited/ unmetered bandwidth untuk para pengguna hosting. 

Addon Domain 

Addon domain merupakan domain yang berperan penuh yang bisa terbuat dari dalam kontrol panel hosting Kamu. Fitur ini membolehkan penyewa hosting meningkatkan lebih dari satu domain dalam hosting yang sama. 

Parked Domain

Parked domain (domain terparkir) merupakan nama domain yang terdaftar, namun tidak tersambung ke layanan online semacam web website ataupun hosting email. Dengan kata lain, ini merupakan nama domain yang dibeli yang dikala ini tidak digunakan. Kebalikannya, domain tersebut“ diparkir” buat pemakaian di masa mendatang. 

Dengan kata lain, ini adalah nama domain yang dibeli yang saat ini tidak digunakan. Sebaliknya, domain tersebut “diparkir” untuk penggunaan di masa mendatang.

Domain Name Server (DNS)

DNS merupakan singkatan dari“ Sistem Nama Domain”. Ini merupakan suatus sistem yang membolehkan Kamu tersambung ke web website dengan mencocokkan nama domain yang bisa dibaca manusia( Maxmanroe. com) dengan ID unik server tempat web website ditaruh. 

Random Access Memory (RAM) 

RAM merupakan tempat penyimpanan sedangkan file web pada server hosting. RAM sangat mempengaruhi pada kecepatan akses web serta permintaan dari wisatawan web, paling utama web yang trafiknya besar.

CPU Core

CPU core merupakan pc yang berperan buat menerima instruksi serta melaksanakan aksi bersumber pada perintah dari pengguna web. Web yang mempunyai database besar serta trafik besar biasanya mempunyai CPU core yang besar supaya instruksi bisa dikerjakan dengan kilat.

 

Tinggalkan Komentar