Produk asuransi jiwa adalah bentuk proteksi yang sangat direkomendasikan, terutama jika Anda menjadi tulang punggung keluarga atau kewajiban utang jangka panjang. Hanya saja, besaran premi polis asuransi jiwa pasti akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Kalau begitu, kapan sebenarnya momen paling pas untuk memiliki polis asuransi jiwa?

Secara garis besar, waktu terbaik untuk membeli polis asuransi jiwa berbeda-beda antar orang, tergantung kondisi masing-masing. Meski demikian, ada beberapa momen yang biasanya direkomendasikan sebagai momen yang paling pas untuk membeli asuransi jiwa.

Berada di Tahap Awal Karier

Biasanya, anak muda masih berpikiran kalau mereka tidak membutuhkan asuransi jiwa. Padahal, produk asuransi jiwa adalah proteksi yang tidak memandang usia. Bahkan, makin dini Anda membeli asuransi jiwa, makin direkomendasikan apalagi dari sisi finansial.

Pasalnya, makin muda usia Anda, makin rendah pula besaran premi asuransi jiwa yang harus Anda bayarkan. Terlebih lagi jika Anda masih dalam kondisi prima dari segi kesehatan dan memiliki gaya hidup yang cukup sehat. Maka dari itu, tidak ada istilah “masih terlalu muda” untuk memiliki asuransi jiwa karena makin cepat Anda terlindungi, makin baik!

Berencana untuk Berkeluarga

Tentu Anda sudah menyadari sejak awal bahwa ada tanggung jawab penting yang harus Anda emban begitu Anda nanti berkeluarga. Maka dari itu, asuransi jiwa makin urgen untuk Anda pertimbangkan apabila Anda memang sudah berencana untuk menikah dan berkeluarga nantinya, baik itu dalam waktu 5 atau 10 tahun ke depan.

Ditambah lagi, premi yang akan Anda dapatkan selagi masih muda dan lajang saat ini akan lebih menguntungkan dari segi finansial. Terlebih lagi jika Anda memilih produk asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance, yang memberikan jaminan proteksi lebih pasti dan lebih lama bagi keluarga Anda nantinya.

Tidak Punya Penyakit Kronis

Selain faktor usia, kondisi kesehatan yang masih baik juga menandakan momen terbaik untuk mendapatkan asuransi jiwa. Pasalnya, besaran premi juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan Anda. Mumpung Anda belum mengalami kondisi medis atau penyakit tertentu, segera proteksi diri Anda dengan asuransi jiwa.

Jika ditunda-tunda dan Anda sudah terlanjur memiliki riwayat penyakit tertentu – terutama penyakit kronis – perusahaan asuransi jiwa akan mengenakan premi yang lebih mahal. Tak hanya itu saja, kondisi kesehatan yang masih prima tanpa adanya risiko atau riwayat medis tertentu juga berarti Anda bisa menikmati perlindungan dari asuransi jiwa yang lebih lengkap dan komprehensif.

Makin Cepat, Makin Baik

Pada akhirnya, waktu terbaik untuk mendapatkan produk asuransi jiwa adalah sesegera mungkin. Makin muda, tentu makin baik, terutama jika Anda masih berusia 20-an.

Meski begitu, Anda yang sudah menginjak usia 30 tahun juga tak perlu ragu karena makin cepat Anda melindungi diri Anda, makin pasti pula jaminan perlindungan asuransinya!

Tinggalkan Komentar