Masalah berat badan ideal bayi menjadi topik pembicaraan yang masih sangat penting untuk kita bahas. Tidak sedikit orangtua yang merasa khawatir karena berat badan buah hatinya yang sangat sulit untuk naik.

Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk perkembangan maupun pertumbuhan si Kecil. Banyak hal yang bisa memicu bayi kurus. Kurangnya berat badan ini bisa terjadi karena keadaan perekonomian orangtua sehingga kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi dengan baik.

Tidak hanya itu, ada faktor lain yang bisa mengakibatkan bayi memiliki berat tidak ideal. Berikut ini beberapa penyebab bayi kurus. Simak penjelasannya sampai selesai, ya!

Penyebab Medis

Keadaan medis yang bisa mengakibatkan bayi menjadi kurus atau sulit menaikkan berat badannya meliputi kelahian prematur. Bayi yang lahir prematur akan sulit menyusu, makan, dan mengalami keterlambatan proses tumbuh kembang.

Selain itu, bayi yang memiliki gangguan metabolisme seperti hipoglikemia atau galaktosemia bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi bagi bayi. Tidak hanya itu, fibrosis kistik juga bisa mencegah penyerapan kalori pada tubuh bayi.

Keturunan

Berat badan bayi juga terpengaruh oleh gen yang turun menurun dari orangtuanya. Orangtua yang badannya kecil biasanya akan menurunkan bobot atau postur kepada buah hati mereka.

Akan tetapi, faktor keturunan yang tidak bisa berpengaruh atau terlihat dalam satu maupun dua tahun pertama bayi.

Pada faktor ini, bayi yang kurus tetap aktif. Akan tetapi, Bunda perlu mengatasinya dengan memantau asupan nutrisi secara baik.

Berat Badan Lahir Rendah

Bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah umumnya akan terus mempunyai bobot yang kecil selama beberapa bulan ke depan. Akan tetapi, bayi dengan berat badan lahir rendah ini mempunyai proses pertumbuhan naik turun sama seperti bayi yang lahir dengan berat normal.

Jadi, bukan hal yang mustahil jika bayi dengan berat badan lahir rendah bisa menjadi lebih gemuk seiring usianya bertambah.

Banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi bayi mengalami berat badan tidak normal, salah satunya dengan memerhatikan pemberian ASI untuk si Kecil. Selain memperhatikan asupan ASI, Bunda juga perlu memerhatikan popok bayi untuk buah hati.

Hal ini karena popok dapat membantu bayi merasa nyaman ketika menyusu dan melakukan kegiatan lainnya sepanjang hari. Bunda bisa mencoba popok Merries Premium Pants. Produk yang satu ini mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Popok Merries Premium Pants juga mempunyai permukaan yang lembut dan pas dengan bagian selangkangan atau pinggang bayi.

Jika Bunda ingin mengetahui lebih lanjut terkait berat badan ideal bayi, silakan kunjungi merries.co.id. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar