Mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri merupakan impian dari sebagian besar pelajar di Indonesia. Apakah kamu bagian dari pelajar pencari beasiswa tersebut? Kabar baik untuk kamu karena beasiswa rotary peace fellowship telah dibuka tahun 2022.

Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang mau mengambil studi bersertifikat. Tentu untuk mendapatkannya sangat sulit karena kamu akan bersaing dengan banyak pelajar berkualitas. Tapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah mendapatkan beasiswa ini. Simak penjelasan berikut ya!

Persiapan Tes TOEFL dan IELTS

Kemampuan berbahasa asing merupakan syarat yang harus dimiliki calon penerima beasiswa luar negeri. Umumnya, kemampuan ini dilihat dari skor akhir dari tes TOEFL dan IELTS. Minimal skor TOEFL adalah 550 dan IELTS minimal skor 6,0.

Tapi perlu diingat bahwa setiap universitas luar negeri mungkin saja memiliki syarat skor yang berbeda-beda. Selain bahasa Inggris, kamu juga memperdalam bahasa asing yang digunakan di negara tujuanmu.

Lakukan Riset Tentang Universitas

Sebelumnya, alangkah baiknya kamu melakukan riset terkait universitas dan jurusan yang akan diambil. Hal ini akan memperkuat motivasimu untuk berangkat belajar di luar negeri dan ilmu yang dimiliki bisa dimanfaatkan secara optimal.

Mempunyai Pengalaman Kerja

Kamu bisa menunggu proses pengajuan beasiswa S2 luar negeri dengan bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan yang akan diambil. Hal ini akan menambah peluang kamu diterima karena kamu sudah memiliki ilmu dasar bidang tersebut.

Menulis Karya Ilmiah

Pengalaman menulis karya ilmiah juga berpengaruh pada keberhasilan pengajuan beasiswa S2 luar negeri. Sebab itu, kamu bisa memulai untuk memperbanyak tulisan ilmiah terkait bidang yang akan kamu ambil.

Karya tersebut merupakan gambaran ketertarikanmu terhadap bidang yang diambil. Kamu juga bisa merencanakan penelitian yang ingin dilakukan saat S2 nanti. Hal ini bisa menjadi alasan kuat mengapa memilih jurusan tersebut.

Surat Rekomendasi

Surat ini akan membantu meyakinkan para penilai bahwa kamu memang benar-benar memiliki kemampuan di bidang tersebut. Surat ini biasanya dibuat oleh minimal dari dua orang yang berkaitan dengan bidang yang diambil. Orang tersebut bisa jadi dosen atau atasan di tempat kerja kamu. Surat ini akan membantu kamu menonjolkan kelebihanmu.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri. Perlu kamu ketahui bahwa penawaran dari beasiswa rotary peace fellowship cukup menarik. Beasiswa ini akan menanggung seluruh biaya kuliah, tempat tinggal, transportasi, makan, riset, sampai asuransi. Jika kamu tertarik dengan beasiswa ini, kamu bisa menghubungi Schoters.

Schoters merupakan bimbingan kuliah luar negeri yang sudah terpercaya dan juga terlengkap. Untuk informasi lebih lengkap terkait beasiswa luar negeri kamu bisa mengunjungi blog.schoters.com atau langsung klik link https://blog.schoters.com/beasiswa-magang-luar-negeri/. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar